logo blog

Siapkah Anda Bertemu Allah di Hari Kiamat?


Sumber image

Jika Allah memberikan kita umur 60 tahun maka itu sama dengan 22.000 hari (60 x 365 hari). Semua hari-hari ini Allah berikan agar kita bersiap-siap untuk pertemuan dengan Allah pada sebuah hari. Itulah hari kiamat. Pada hari itu, Allah akan menanyakan kita berbagai hal dan Dia ingin jawaban yang benar. Allah begitu Penyayang sehingga Dia telah memberitahu kita bahwa pertanyaan-pertanyaannya berdasarkan pada Quran dan hadits. Kasih sayang-Nya begitu besar sehingga Dia bahkan memberitahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu kepada kita.

Sekarang bayangkan seorang murid sedang menjalani ujian. Dia membuka kertas ujiannya dan menemukan pertanyaan-pertanyaannya pada salah satu sisi halaman. Kemudian dia membalik kertasnya dan menemukan semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu. Sekarang setelah ujiannya selesai, jika murid ini masih saja gagal, bagaimana menurut anda? Anda tentu berpikir bahwa dia adalah murid paling bodoh. Nah, tapi faktanya di hari kiamat nanti orang-orang yang sudah tahu pertanyaan dan jawabannya masih saja gagal! Itulah kenapa sekarang waktunya kita terbangun sebelum kita terbukti menjadi orang terbodoh di akhirat kelak.

Masa muda adalah waktu paling baik dalam hidup kita. Inilah masa dimana manusia membuat keputusan-keputusan penting yang akan berpengaruh terhadap masa depannya. Hal-hal yang anda lakukan pada masa ini kemungkinan besar akan mempengaruhi sisa umur anda. Itulah mengapa menjadi penting untuk mendekatkan diri kepada ajaran Islam pada masa ini. Banyak orang berpikir bahwa mereka baru mulai mendekatkan diri kepada ajaran Islam ketika masa tua saja. Kemungkinan kita juga berpikiran seperti ini. Tapi lihatlah dari sudut pandang yang lain: Jika anda ingin menjadi pemain sepakbola yang terkenal, maka anda harus mulai berlatih sejak usia muda. Seiring anda tumbuh dewasa, anda akan menjadi pemain sepakbola yang terampil. Tapi jika anda berpikir bahwa anda akan mulai berlatih ketika sudah beranjak tua, maka kesempatan untuk menjadi terkenal adalah nol. Itulah kenyataannya. Ketika kita menjadi tua, kita tidak akan punya banyak energi untuk berdiri dan beribadah.

Ini karena masa muda adalah masa terbaik dari hidup anda. Itulah kenapa masa ini sangat berharga bagi Allah. Allah telah menyiapkan sebuah naungan pada hari kiamat untuk orang-orang yang senantiasa menyembah-Nya di masa muda mereka. Pada hari itu, tidak akan ada naungan lain kecuali naungan dari singgasana Allah. Bayangkan berdiri di bawah terik matahari pada hari yang sangat panas selama berjam-jam. Anda tentunya ingin beristirahat di bawah naungan pohon yang rindang. Tapi bagaimana dengan hari kiamat dimana matahari begitu dekat dengan kita dan panasnya begitu ekstrim? Bukankah anda menginginkan naungan pada hari itu?

Kita semua terkadang lalai dalam memenuhi kewajiban kita kepada Allah dan Allah mengetahui itu. Allah ingin agar kita berusaha semaksimal mungkin. Bayi yang belajar berjalan saja terjatuh namun bangkit kembali dan meneruskan langkahnya. Bayi itu tidak diam di tempat ketika jatuh. Kemudian pada akhirnya datanglah hari dimana ia dapat berjalan dengan baik. Begitu juga, kita harus berusaha semaksimal mungkin dan tidak boleh menyerah. Akan datang hari dimana insya Allah kita akan menjadi kuat untuk tetap taat pada Allah dalam situasi apapun. Mari kita ikrarkan tekad dalam hati sekarang juga bahwa kita akan mulai berusaha sebaik mungkin atas hal-hal yang diperintahkan Allah kepada kita. Kalau tidak, kita akan seperti orang bodoh yang gagal ujian pada hari kiamat.

Referensi: haqislam.org

YouTube Channel Lampu Islam: YouTube.com/LampuIslam
Instagram: Instagram.com/LampuIslam
Facebook Page: facebook.com/LampuIslam